Prodi Pendidikan Matematika Merupakan Salah satu Prodi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Al Asyariah Mandar (UNASMAN)

Page: 1 2 3 ()

Mata kuliah ini membahas mengenai sejarah Bahasa Indonesia, kedudukan bahasa Indonesia, serta fungsinya. Mata kuliah ini menjelaskan ciri-ciri bahasa Indonesia ragam ilmiah serta menerapkan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan. Penerapan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia dan juga menggunakan mengenal kata baku dan istilah dalam bahasa Indonesia. Adapun kalimat efektif dan membuatnya sesuai dengan syarat-syarat kalimat yang efektif. Mata kuliah ini menjelaskan macam-macam karya akademik berbahasa Indonesia.

 


Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar gejala manusia dalam bidang pendidikan dan penerapannya, yang meliputi konsep dasar psikologi pendidikan, bentuk-bentuk gejala psikis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar.


Mata kuliah ini berkenaan dengan pengertian matematika dalam kurikulum yang sedang berlaku dan karakteristik isi kurikulum, komponen-komponen kurikulum dan fungsi kurikulum; Kompetensi-kompetensi Pembelajaran Matematika SMA dan SMA sederajat serta penjabarannya.


Mata kuliah ini membahas tentang materi matematika dasar yang berhubungan dengan teori Ekonomi micro, meliputi Akar, Pangkat dan Logaritma; Barisan dan Deret; fungsi Linier; Fungsi Nonlinier; Konsep Bunga Transaksi; Anuitas; Optimalisasai dan Diferensial serta aplikasinya dalam bidang ekonomi.Pelaksanaan Perkuliahan menggunakan model Blended Learning dan Pendekatan Inquiri, yaitu penyelesaian Tugas dan Pemecahan Masalah.

Dalam mata kuliah ini diberikan materi tentang :

  1.    Himpunan biasa sebagai pengantar,
  2.    Konsep himpunan fuzzy dan fungsi keanggotaan,
  3.    Operasi dasar himpunan fuzzy,
  4.    Perluasan operasi himpunan fuzzy,
  5.    Prinsip perluasan,
  6.    Relasi fuzzy,
  7.    Bilangan fuzzy dan operasi aritmrtikanya,
  8.    Logika fuzzy, dan
  9.    Beberapa aplikasi teori fuzzy.

Pembahasan matakuliah Aljabar Linier mencakup pengkajian himpunan pembentang, bebas Linier dan basis, dimensi, jumlahan langsung, koordinatdan basis terurut, pemetaan Linier pada ruang vektor, pemetaan Linier danaljabar matriks, perubahan basis, rank, determinan dan invers, bentuk echelondari suatu matriks, vektor-eigen dan nilai-eigen , pendiagonalan matriks,orthogonalitas, general invers. aplikasi dari aljabar linier adalah suatu bagianyang terintegrasi dalam penyajian kuliah di kelas. Juga dalam pembahasankuliah digunakan perangkat lunak SAGEMATH untuk membekali pesertadidik mempunyai kemampuan melakukan komputasi numerik dan simbolik.Pada proses pembelajaran di klas peserta didik akan belajar untuk identifikasimasalah, mengungkapkan ide-ide matematika: grafis, numerik simbolik danmengekspresikanya kedalam bentuk tulisan. Selain diarahkan untuk belajarmandiri melalui tugas-tugas, peserta didik diarahkan untuk bekerjasamadalam kerja kelompok.


Mata kuliah struktur Aljabar membahas perbedaan aljabar modern dan aljabar klasik, pemetaan dan macamnya, operasi, grup dan sifat-sifat grup, subgrup, grup siklis, Grup permutasi dan simetri, Homomorphisma dan Isomorphisma grup, Relasi Ekivalen, koset dan Teorema Langrange, Subgrup normal dan grup factor, Teorema homomorphisma fundamental


 

Mahasiswa dapat memahami lebih jauh tentang aljabar himpunan, fungsi dan Induksi Matematik serta mampu menerapkannya dalam enyelesaikan soal. Mahasiswa dapat memahami pengertian sistem bilangan real, definisi-definisi dan teorema-teorema yang terkait serta mampu mene-rapkannya dalam menyelesaikan soal.


Mata kuliah ini membahas aplikasi statistika deskriptif dan statistika inferensial parametrik dan non parametrik sebagai alat untuk menganalisis data penelitian dalam bidang manajemen. Materi mata kuliah meliputi analisis data deskriptif, analisis data uni-bivariat, serta analisis data multivariat interdependensi dan dependensi, baik model struktural persamaan tunggal, model struktural persamaan ganda – rekursif dan nonrekursif – satu dan multi group sampel.



Mata kuliah ini berisi sifat-sifat bilangan bulat dan relasi-relasi di dalamnya. Topic-topik yang dibahas meliputi induksi matematik, relasi keterbagian, faktor persekutuan terbesar ( FPB), Kelipatan Persekutuan terkecil (KPK), basis bilangan, bilangan prima, faktorisasi tunggal, relasi kekongruenan dan aplikasinya, pengkongruenan linear, teorema fermat dan Wilson, fungsi-fungsi aritmetik, teorema euler, akar primitive dan indeks.


Topik bahasan meliputi sistem persamaan linear dan solusinya, aljabar matriks, matriks invers, determinan dan ruang vektor real dimensi-n meliputi operasi vektor, norm dari vektor , hasil kali titik pada Rn, hasil kali silang pada Rn, basis, ruang baris, ruang kolom , ruang kosong, rank dan nulitas pada matriks, transformasi matriks, nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi pada matriks, ruang hasil kali dalam.


Mata kuliah Model Pembelajaran Matematika ini merupakan mata kuliah yang  wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Pendidikan Matematika. Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan konseptuan dan procedural tentang materi Matematika dalam kurikulum SMP sederajat  dan SMA sederajat; teori belajar; metode, pendekatan dan teknik pembelajaran; media pembelajaran; evaluasi serta berbagai model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika SMP dan SMA.


Mata kuliah ini menyajikan berbagai konsep dasar statistik, yang mencakup : pengertian, kegunaan dan ruang lingkup statistik, penyajian data, ukuran kecenderungan sentral dan variabilitasnya, kurve normal dan uji korelasi.


Mata kuliah Kalkulus II ini membahas tentang dasar-dasar kalkulus mengenai penerapan integral, fungsi transenden, dan deret tak hingga.

Materi dalam mata kuliah ini membahas tentang vector, system koordinat kartesius, jarak dua titik, garis, lingkaran, bola, persamaan parabola, elips dan hiperbola.


Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran salah satu bentuk kajian yang memberikan pemahaman dan penerapan konsep, asas, prinsip, pendekatan, strategi/model, metode, dan teknik belajar dan pembelajaran di SMP sederajat dan SMA sederajat.


pengalaman belajar untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang: rasa kebangsaan dan cinta tanah air,  demokratis berkeadaban, menjadi warganegara yang berkepribadian Indonesia memiliki daya saing, berdisiplin dan berpartisifasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila. Mampu mewujudkan diri menjadi warga negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan negara, warga negara yang demokratis yaitu warga negara yang cerdas, berkeadaban dan dan bertanggung jawab bagi kelangsungan hidup negara Indonesia dalam mengamalkan kemampuan ilmu pengetahun, teknologi dan seni yang dimilikinya.


Page: 1 2 3 ()